Beasiswa Unggulan, Rahasianya?

Halo kawan-kawan!
Udah lama banget saya gak nulis di blog, tau gak kenapa?

-----YAP! Benar sekali.
Saya sibuk sana-sini. Tugas ini, tugas itu. Kuliah lapangan dari gunung ke laut. Praktikum dari tumbuhan ke hewan. Dari tumbuhan tingkat rendah ke tingkat tinggi. Dari hewan invertebrate ke vertebrate. HU---WO~ Luar biasa sekali pokoknya kehidupan anak Biologi :)

OHIYA!
Saya mau berbagi kebahagiaan dan pengalaman neh.
Coba tebak apa?

YAP. Betul!
Saya mau bagi-bagi cerita tentang Beasiswa Unggulan dan trik saya bisa lolos!

Hmm saya ceritakan dari awal saja ya.
---Singkat cerita saya mengetahui Beasiswa Unggulan dari Ayah saya yang kebetulan seorang Dosen. Nah tapi beliau memberikan informasi ini benar-benar mepet dengan deadline pengumpulan berkas Beasiswa Unggulan, dan akhirnya dengan kekuatan bulan saya bisa mengumpulkan berkas-berkas itu tepat waktu (meski dapetnya batch 2).

Ohiya sekalian, untuk berkas-berkasnya itu ada kok di websitenya, itu udah lengkaaaaap banget informasinya, asal kalian rajin baca aja dan jangan lupa cek QnA nya!

Nah yang ingin saya ceritakan adalah pembuatan Essay! Kenapa? Karena dari sekian rangkaian berkas, menurut saya ini yang paling rumit pembuatannya.
Waktu itu saya agak bingung dengan pembuatan essay ini. Maksudnya, saya, yang baru semester 2 dan masih berasa anak SMA yang jarang ikutan lomba karya tulis mau gimana. Saya dari dulu kan kalo ikutan lomba gak jauh dari per-seni-an. Kalo gak gambar ya mewarnai. Sekarang udah meningkat sih jadi digital hahaha. Ada skill photoshop nya sekarang wkwkwk.
----OKE lanjut.
Nah buat kalian yang masih awam dan bingung soal essay ini gak usah panik. Tenang. Kalian pasti bisa. Percaya sama kemampuan kalian. Tuangkan mimpi-mimpi kalian selama ini. Tuangkan projek dan rencana kedepan yang akan kalian lakukan untuk merubah Indonesia, bahkan dunia lebih baik.
Dalam pembuatan essay saya waktu itu, saya membaca banyak essay orang-orang yang telah berhasil menembus Beasiswa. Dari situ saya pun berpikir "Ah, jika saya keterima BU saya juga ingin membuat tulisan-tulisan bermanfaat seperti ini", dan -BOOM, saya benar-benar kaget saya keterima.

Saya akan memberikan sedikit tips untuk pembuatan essay.
Waktu itu essay saya bertema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia". Berdasarkan essay yang telah saya susun, secara keseluruhan isinya seperti ini:

Pada paragraf pertama, isi dengan pengenalan dan semua tentang kalian, tonjolkan segala kelebihan kalian dan organisasi yang kalian ikuti. Tonjolkan pula apa peran kalian di organisasi itu, dan manfaat apa yang kalian dapat dari organisasi tersebut.

Pada paragraf kedua dan ketiga adalah penerapan ilmu yang telah kalian dapati. Paling bagus kalo tentang pendidikan, karena BU itu paling mengincar seorang pendidik. Selain pendidikan, kalian juga bisa isi dengan kegiatan sosial, atau kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dasarnya adalah jurusan kuliah yang kalian ambil. Misalnya, saya sebagai anak dari jurusan Biologi melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya merawat dan menjaga sungai disekitar masyarakat guna sungai tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya melewati penelitian terlebih dahulu secara observasi dan wawancara.

Pada paragraf keempat adalah tujuan kalian kenapa mengambil jurusan/program studi kalian. Lalu berikan juga cita-cita dan mimpi kalian. Mimpinya jangan ecek-ecek, langsung aja yang tinggi! Tapi harus sungguh-sungguh dan gak main-main.

Pada paragraf kelima adalah projek YANG TELAH kalian lakukan. Atau masih berlangsung, gakpapa. Pokoknya projek atau mimpi yang telah kalian wujudkan secara nyata dan BERMANFAAT bagi banyak orang! Catet, ini penting.

Pada paragraf keenam dan ketujuh, paparkan rencana kedepan kalian tentang cita, mimpi, dan projek-projek itu.

Dan pada paragraf terakhir, kembali pada tema. Berikan simpulan, tanggapan, saran kalian mengenai tema tersebut berdasarkan sudut pandang kalian. Lalu berikan paparan apa yang dapat kalian lakukan di masyarakat, dan keinginan untuk terus bisa bermanfaat untuk negeri.

Sekian!
Adios, amigos, Good luck kawan!

Komentar